Selasa, 04 April 2023

Instalasi Java Development Kit (JDK)

Pada blog kali ini, saya akan membahas tentang cara menginstal Java Development Kit (JDK) di sistem operasi Windows. JDK adalah paket perangkat lunak yang berisi semua alat-alat yang diperlukan untuk mengembangkan, menguji, dan menjalankan aplikasi Java. Dalam JDK, terdapat beberapa alat penting seperti kompilator Java, pustaka kelas Java, dan JVM (Java Virtual Machine) yang memungkinkan aplikasi Java untuk dijalankan pada berbagai platform.


BERIKUT LANGKAGH-LANGKAH INSTALASI JAVA DEVELOPMENT KIT DI SISTEM OPERASI WINDOWS

Langkah 1: Unduh Java Development Kit (JDK) 

Pertama-tama, Anda perlu mengunduh JDK dari situs resmi Oracle. Kunjungi situs Java Archive Downloads - Java SE 7. Atau bisa unduh melalui link Google Drive berikut jdk-7u80-windows-x64.exe - Google Drive.


Langkah 2: Jalankan Installer JDK

Setelah selesai mengunduh JDK, jalankan installer JDK dengan mengklik dua kali pada file installer JDK. Setelah itu, ikuti petunjuk yang muncul pada layar untuk menyelesaikan instalasi.







Langkah 3: Konfigurasi Lingkungan Variabel

Setelah berhasil menginstal JDK, Anda perlu menambahkan path JDK ke lingkungan variabel sistem Anda. Caranya adalah sebagai berikut:

Buka "File Explorer" lalu masuk ke "C:\Program Files\Java\jdk1.7.0_80\bin" dan copy kan path nya


Klik kanan "This PC" lalu pilih "Properties"


Klik "Advanced system settings"


Pilih tab "Advanced" dan klik "Environment Variables"


Cari variabel "Path" pada daftar Variabel sistem, kemudian klik "Edit"


Tambahkan Path yang sudah di copy ke direktori JDK pada variabel "Path"


Klik "OK" pada setiap jendela hingga kembali ke Control Panel

Langkah 4: Verifikasi Instalasi JDK

Setelah menambahkan path JDK ke lingkungan variabel, verifikasi instalasi JDK dengan membuka command prompt dan mengetikkan perintah "javac". Jika JDK berhasil diinstal dengan benar, maka akan muncul informasi versi JDK yang terinstal di sistem Anda.



Demikianlah cara menginstal JDK di sistem operasi Windows. Dengan menginstal JDK, Anda sudah siap untuk mengembangkan aplikasi Java dan menjalankannya pada berbagai platform. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda!😁😁

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PANDUAN INSTALASI ODOO DI WINDOWS

Odoo adalah platform ERP (Enterprise Resource Planning) yang open-source dan dapat disesuaikan, yang mencakup berbagai fitur bisnis seperti ...