Senin, 19 Desember 2022

Program Java dengan Metode Perulangan FOR

Hai, kembali lagi di blog aku membicarakan seputar tentang pemograman. Nah, kali ini aku akan menunjukkan contoh program java menggunakan metode perulangan. Perulangan merupakan sebuah metode untuk mengerjakan perintah yang berulang-ulang. Dalam pemrograman Java terdapat tiga jenis statement perulangan yang digunakan yaitu or, while dan do-while.

Tapi kali ini aku hanya akan menggunakan perulangan jenis For. Perulangan jenis ini digunakan untuk melakukan perintah pengulangan yang telah diketahui jumlah banyaknya.  Berikut contoh perulangan java yang aku buat. Oya, disini aku menggunakan papan editor sublime text ya teman-teman.



Berikut sourcecode nya jika kalian ingin meng-copy nya.

public class anakayam
{
public static void main (String [] args)
{
int anakayam=10;
for(anakayam=10;anakayam>0;anakayam--){
System.out.println(" tekotek kotek anam ayam turun "+anakayam);
System.out.println(" mati satu tinggal "+(anakayam-1));
}
System.out.println(" anak ayam mati semua");
}

Seperti Sourcecode di atas terdapat perulangan yaitu menggunakan perulangan for. Aku ambil contoh dari lagu Tekotek - kotek Anak Ayam dimana anak ayam terdiri dari 10, dan akan melakukan perulangan mundur karna menggunakan "anakayam--", dan akan berhenti atau selesai saat perintah menghasilkan angka 0 atau jumlah anak ayam tidak lebih besar dari angka 0 dimana akan muncul perintah anak ayam mati semua.


Berikut hasil Compile dari Sourcode diatas.

Jadi seperti inilah hasilnya setelah kalian meng-compile-nya. Bisa dilihat lirik Tekotek - Kotek Anak Ayam sudah ter-compile dengan benar ya. Sekian yang dapat aku jelaskan mengenai perulangan For pada program java, kurang lebihnya mohon maaf karna aku juga sama-sama masih belajar. Terima Kasih buat kalian yang telah membaca blog aku jika ada kesalahan kalian bisa bantu saya untuk membenarkan dikolom komentar. Bye bye~~


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PANDUAN INSTALASI ODOO DI WINDOWS

Odoo adalah platform ERP (Enterprise Resource Planning) yang open-source dan dapat disesuaikan, yang mencakup berbagai fitur bisnis seperti ...